“ngademin” slackware 12.2 di laptop acer aspire 4715z

hal yg sering mengganggu sejak pertama kali saya nginstall di laptop adalah masalah panas, maklum dengan mengusung vanilla kernel, slackware akan berjalan layaknya sebuah pc walaupun diinstall di laptop :)) bahkan ada teman yg nyindir suara kipas laptop kayak suara baling2 helicopter. pernah kejadian (sampai 2 kali) laptop saya minta shutdown sendiri akibat overheat.

nah setelah berkunjung ke mbah surip, eh mbah google, saya menemukan solusinya di forum linux internasional.
singkat cerita, kita harus menghidupkan sebuah instruksi yang mampu menurunkan speed dari processor dan mengatur setingan mode yg akan kita gunakan.
jika menggunakan kernel by dewe usahakan untuk memasukkan acpi-cpufreq dan cpufreq_ondemand ke dalam modul kernel dan lakukan kompilasi ulang. jika masih menggunakan kernel asli bawaan slackware 12.2 tidak perlu lagi compile ulang.
pertama kali kita harus me-load modul agar dijalankan oleh OS.

/sbin/modprobe acpi-cpufreq
/sbin/modprobe cpufreq_ondemand

dan juga jangan lupa menambahkan baris di atas pada file /etc/rc.d/rc.modules, biasanya klo pakai kernel default sudah ada, tinggal di-uncomment aja šŸ˜€
nah untuk bagian penutup, kita harus mengatur mode mana yg akan dipilih untuk digunakan oleh CPU, untuk hal ini kita gunakan mode ondemand untuk kedua buah prosesor saya (kan saya pake intel core2duo šŸ˜€ )

echo ondemand > /sys/devices/system/cpu/cpu0/cpufreq/scaling_governor
echo ondemand > /sys/devices/system/cpu/cpu1/cpufreq/scaling_governor

dan jangan lupa juga menambahkannya kedua baris tersebut pada file /etc/rc.d/rc.local agar selalu dijalankan pada saat boot awal atau buat file baru (untuk nama terserah masing2 orang) dalam /etc/rc.d/ dan jangan lupa agar file tersebut diberi atribut executed ( chmod +x )
dari hasil yang saya dapatkan, processor lebih adem dan kipas prosesor lebih hening šŸ˜€
Iklan

Tentang priyoatmojo

just an ordinary human who is interested with computer, especially with GNU/Linux
Pos ini dipublikasikan di GNU/LINUX, Slackware dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s