Kisah Cinta Antara Linux dengan LCD/Monitor External

Linux dengan LCD/Monitor External?

yup, eksperimen selanjutnya adalah bagaimana mengkoneksikan laptop Linux kita ke LCD external atau ke Monitor external, seperti pada saat presentasi.
dulu, waktu masih baru punya laptop saya paling benci klo mo presentasi materi harus ngereset X Windows, dengan cara mencoloknan kabel VGA lalu menekan 3 tombol kombinasi Ctrl-Alt-Backspace. atau dengan cara mencolokan kabel VGA ke port di laptop yang dalam keadaan off, kemudian baru menghidupkan laptop.
Tapi cara diatas membuat ribet. Dan kadang-kadang tidak mau muncul di salah satu display.
Kemudian setelah bertapa dengan pangeran Palasara…. ( kaya cerita di salah satu produk susu instan aja )…. dan meminta wejangan dari mbah Google, akhrinya saya mengetahui bahwa ada sebuah aplikasi yang dapat mememcahkan masalah saya.
Aplikasi apaan tuh? Namanya Xrandr, dan rata2 udah terinstall secara default di hampir semua distro linux…
OK, kita langsung ke prakteknya….. (plus ilustrasi, seperti biasa….)


Tahap 1: Linux PDKT dengan LCD/Monitor External

Linux tertarik dengen ingin dekat dengan LCD projector, jadi Linux melakukan PDKT dengan cara mengetikkan baris berikut pada terminal / konsole:

xrandr

nah ntar klo dah tersambung laptop dengan LCD / Monitor, akan menghasilkan output kira-kira seperti ini:

Screen 0: minimum 320 x 200, current 1280 x 800, maximum 1280 x 1280
VGA connected (normal left inverted right x axis y axis)
1024×768 60.0 + 75.1 71.9 70.1 60.0
832×624 74.6
800×600 72.2 75.0 60.3
640×480 75.0 72.8 66.7 60.0
720×400 70.1
640×350 70.1
LVDS connected 1280×800+0+0 (normal left inverted right x axis y axis) 304mm x 190mm
1280×800 59.9*+
1024×768 60.0
800×600 60.3
640×480 59.9
TV disconnected (normal left inverted right x axis y axis)

keterangan:
– VGA = LCD/Monitor external
– LVDS = LCD laptop
– TV = TV-OUT

Note: hasil diatas bisa berubah tergantung dari device yang digunakan

Tahap 2: Linux jadian ama LCD/Monitor External

Setelah mengetahui resolusi dan frekuensi yang disupport oleh LCD laptop dan LCD/Monitor external, maka kita pilih salah satu resolusi dan frekuensi yang disupport oleh kedua device tersebut LCD laptop dan LCD projector, biasanya LCD laptop dan LCD projector akur pada resolusi 1024×768 dan frekuensi 60.0 Hz (seperti tampilan diatas).

Untuk jadian, Linux harus mengeksekusi perintah berikut ini:

xrandr --output LVDS --mode 1024×768 --rate 60.0 --output VGA --mode 1024×768 --rate 60.0

NB: tanda — itu terdiri dari dua tanda – yang digabung, tapi kelihatan seperti tanda –

Tahap 3: Linux putus ama LCD/Monitor External

Karena Linux sudah bosen ama LCD projector, maka Linux memutuskan untuk putus dengan LCD projector. Dan Linux pun menjalankan perintah berikut ini

xrandr --output VGA --off

NB: tanda — itu terdiri dari dua tanda – yang digabung, tapi kelihatan seperti tanda –

Tentang priyoatmojo

just an ordinary human who is interested with computer, especially with GNU/Linux
Pos ini dipublikasikan di GNU/LINUX dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kisah Cinta Antara Linux dengan LCD/Monitor External

  1. Rukia berkata:

    kisah cinta LCD dan Linux? kenapa nggak sekalian aja kisah cinta priyo-senpai dengan linux 😈

    • priyoatmojo berkata:

      hahaha… klo hal itu sudah 4 tahun yang lalu…
      berawal dari 3 orang teman yang ingin mencoba sebuah os bernama slackware 10.2
      2 orang bisa dikatakan hebat, dan 1 orang lagi, yaitu saya hanya sebatas anak bawang alias ikut-ikutan saja
      tapi ternyata kutukan linux kena juga ke saya… dan sampai sekarang saya g bisa lepas dari yang namanya linux :))

  2. samsung berkata:

    thank’s your post, i like this

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s