Blankon Linux 6.0 dan Compiz 0.9.0 Rilis di Hari yang Sama

Hari ini, 5 Juli 2010 ada 2 buah rilis project besar open source, salah satunya adalah hasil racikan anak bangsa. Yang lain adalah project open source yang membuat orang awam tertarik menggunakan Linux.

Yup, kedua project open source itu adalah Blankon Linux 6.0 dan Compiz.

Blankon Linux 6.0 OmbilinBlankon Linux 6.0 atau yang dikenal dengan sebutan Blankon Ombilin adalah distro Linux hasil racikan anak-anak bangsa, jadi boleh dibilang inilah Linux-nya Indonesia. Disto linux ini dirilis dalam 2 buah versi image CD, yaitu versi x68 (untuk prosesor 32-bit) dan amd64 (untuk prosesor yang mendukung 64-bit). Berikut adalah sepenggal pengumuman rilis dari Ombilin:

Pada hari ini, Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn dengan bangga mengumumkan terbitnya BlankOn versi 6.0 yang diberi nama “Ombilin”. Seperti biasa, fitur BlankOn rata-rata menggunakan teknologi terbaru Linux, termasuk kernel Linux 2.6.32 dan lingkungan desktop GNOME 2.30.2. Ombilin didukung perangkat lunak hiburan yang siap langsung pakai tanpa memasang codec multimedia tambahan, dukungan akses Internet dengan yang sangat ringan untuk menjelajah web serta komunikasi pesan instan dan jejaring sosial, juga fitur-fitur perkantoran. Selain itu, Ombilin menyediakan fitur-fitur olah grafis vektor dan bitmap serta album foto digital. [ sumber: situs resmi Blankon Linux ]

Dan menurut salah satu pengembang Blankon Linux, Rahman Yusri Aftian, Ombilin telah memiliki repositori mandiri tanpa tergantung pada distro linux lainnya (Red: Ubuntu). Bagi yang ingin mencoba Ombilin di PC atau laptop, dapat men-unduh (download) image CD dari Ombilin di situs ini [ link situs download ].

compizSedangkan kabar yang lain-nya adalah project open source yang telah mengubah citra Linux dari sistem operasi yang susah dan tidak menarik, menjadi sistem operasi yang mampu meberikan efek 3D ke dalam desktop, seperti efek api, 3D desktop, desktop cube dan efek lainnya dan cukup dijalankan dengan spesifikasi PC yang tidak terlalu mewah.

Project itu bernama Compiz. Siapa yang tidak kenal dengan project yang satu ini. Awalnya Dibuat dengan nama yang sama, kemudian terpecah menjadi 2 buah project terpisah, yaitu compiz dan beryl, dan kemudian kembali dilebur menjadi compiz-fusion. Fitur terbaru yang diberikan pada rilis 0.9.0 adalah compiz telah ditulis-ulang ke dalam bahasa pemprograman C++ dan compiz sekarang dapat dijalankan di non-compisiting window manager.

Untuk source code nya telah tersedia di http://releases.compiz.org/0.9.0/, namun untuk versi biner di tiap-tiap distro linux akan tersedia dalam waktu dekat.

Tentang priyoatmojo

just an ordinary human who is interested with computer, especially with GNU/Linux
Pos ini dipublikasikan di GNU/LINUX dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s